Monday, May 3, 2010

PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK MEMBANGUN PERADABAN BANGSA






Peringatan Hari Pendidikan Nasional di Kabupaten Ngawi diperingati dengan Upacara Bendera yang berlangsung di Lapangan Merdeka Kabupaten Ngawi, Senin (2/5) yang dihadiri oleh jajaran Muspida, Kepala Dinas/Instansi Pemda Ngawi, dan diikuti oleh anggota KORPRI, serta dari kalangan Guru dan Pelajar di Kabupaten Ngawi.
Upacara dipimpin oleh Bupati Ngawi dr. H. Harsono dengan membacakan sambutan tertulis Menteri Pendidikan Nasional, bahwa setiap kali kita memperingati Hardiknas maka kita harus mengenang tokoh nasional yang sangat berjasa dalam pembangunan Pendidikan Nasional, yaitu Ki Hadjar Dewantara, sebagai pelopor pendidikan bagi bangsa Indonesia yang telah berjuang dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa.
Tema Hardiknas tahun ini ialah “Pendidikan Karakter Untuk Membangun Peradaban Bangsa”. Tema tersebut juga merupakan bagian dari apa yang jauh hari telah ditekankan oleh Bapak Pendidikan Nasional Ki Hadjar Dewantara, yang kita peringati sebagai Hardiknas. Pendidikan, kata Ki Hadjar Dewantara, merupakan daya upaya untuk memajukan bertumbuhnya budi pekerti (kekuatan batin, karakter), pikiran ( INTELECT) dan tubuh anak. Bagian-bagian itu tidak boleh dipisahkan agar kita dapat memajukan kesempurnaan hidup anak-anak kita.
Dunia pendidikan di harapkan sebagai motor penggerak untuk memfasilitasi pembangunan karakter, sehingga anggota masyarakat mempunyai kesadaran kehidupan berbangsa dan bernegara yang harmonis serta demokratis dengan tetap memerhatikan sendi-sendi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan norma-norma sosial di masyarakat yang telah menjadi kesepakatan bersama, jelas Bupati Ngawi dr. H. Harsono.
Lebih lanjut Bupati Ngawi dr.H. Harsono juga menegaskan seperti yang pernah disampaikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tentang pentingnya pendidikan karakter, yakni pembangunan watak (Character Building) amat penting, untuk itu kita harus membangun manusia Indonesia yang berakhlak, berbudi pekerti, dan berprilaku baik.
Pada kesempatan memperingati Hari Pendidikan Nasional, Bupati Ngawi menyerahkan piagam penghargaan pada guru dan siswa teladan/berprestasi di Kabupaten Ngawi, dan dilanjutkan Penandatanganan naskah kerjasama (MoU) Pemerintah Kabupaten Ngawi dengan Polres Ngawi tentang ”Kurikulum Pendidikan Lalu Lintas dan Penanganan Kecelakaan Lalu Lintas Terpadu”.(petruk)

No comments:

Post a Comment