Sunday, October 17, 2010

Ngawi peringati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTPSS)


“Apa kabar anak-anak”, Sapa Bupati Ngawi di hadapan siswa-siswi SDN Margomulyo 1 Ngawi. Sapaan Bupati ini merupakan awal dimulainya acara peringatan Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTPSS)di Ngawi yang dikomandoi langsung oleh Bupati Ngawi Ir. Budi Sulistyono dan Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Ngawi, jum’at (16/10). Bupati dengan sigap memberikan contoh cara mencuci tangan dengan baik yang selanjutnya diikuti secara serempak oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ngawi, Tim Penggerak PKK Kabupaten Ngawi serta Kepala Sekolah SDN Margomulyo I Winarti bersama dengan ratusan siswa-siswi mencuci tangannya dengan menggunakan sabun.

Kepala Sekolah SDN Margomulyo I Winarti mengatakan, kegiatan ini merupakan momen penting dalam menjaga kesehatan. Membiasakan mencuci tangan pakai sabun di keluarga Indonesia masih tergolong rendah. Padahal, cuci tangan pakai sabun salah satu cara yang paling efektif untuk mencegah penyebaran kuman penyakit masuk ke dalam sistem imunitas tubuh. Dikatakannya, tangan adalah media utama bagi penularan kuman-kuman penyebab penyakit. Akibat kurangnya kebiasaan cuci tangan, penderita diare dan pernafasan tertinggi menimpa anak anak. “Ide gerakan mencuci tangan muncul dari lingkup sekolah sehingga tercetus gagasan gerakan cuci tangan pakai sabun diseluruh dunia. Sejak tahun 2008, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah menetapkan 15 Oktober sebagai Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memobilisasi jutaan orang di lima benua diseluruh dunia untuk mencuci tangan dengan sabun”, Imbuh Winarti

Sementara itu Bupati Ngawi Ir. Budi Sulistyono mengatakan bahwa ,kegiatan cuci tangan sangat membawa dampak yang positif bagi seluruh masyarakat di Kabupaten Ngawi, dalam rangka turut serta mempersiapkan generasi muda mendatang yang lebih sehat. Dimana dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang sehat. Bupati Ngawi juga menghimbau kepada seluruh masyarakat terutama anak-anak di Kabupaten Ngawi ini agar selalu membiasakan mencuci tangan baik sebelum makan, sesudah buang air besar maupun sebelum tidur memakai sabun, agar hidup kita lebih sehat dan lebih sejahtera dimasa yang akan datang.(p'truk/ebiet)

No comments:

Post a Comment