Tuesday, November 26, 2013

SEKDA NGAWI IDAMKAN LINGKUNGAN KERJA YANG SEHAT

Lingkungan kerja yang sehat, bersih, dan nyaman tentu sangat di idamkan semua orang. Lingkungan kerja yang sehat dapat membantu untuk menggapai kualitas kerja yang baik dan imbasnya produktivitas pun meningkat. Untuk itu, salah satu caranya adalah menciptakan lingkungan alamiah sekitar tempat kerja yang sehat. Untuk menjaga kebersihan lingkungan kerja bisa dilakukan dengan berbagai macam cara seperti dengan menjaga lingkungan yang sehat di sekitar tempat kerja dengan rajin membersihkan lingkungan sekitar kita, memperbaiki sarana di kantor yang sudah rusak atau menciptakan suasana baru dengan cara membangun lingkungan yang nyaman.
            Lingkungan kerja adalah segala sesuatu yang ada di sekitar para pekerja yang mempengaruhi tugas- tugas yang di bebankan, namun secara umum pengertian lingkungan kerja adalah merupakan lingkungan dimana para karyawan tersebut melaksanakan tugas dan pekerjaannya. Secara umum, lingkungan kerja terbagi menjadi dua yaitu Lingkungan kerja fisik dan non fisik. Lingkungan kerja fisik adalah semua keadaan yang berbentuk fisik yang terdapat disekitar tempat kerja yang dapat mempengaruhi karyawan baik secara langsung maupun tidak langsung. Sedang  Lingkungan kerja non fisik adalah semua keadaan yang terjadi yang berkaitan dengan hubungan kerja baik hubungan dengan atasan maupun hubungan sesama rekan kerja, ataupun hubungan dengan bawahan. (http://environmentalsanitation.wordpress.com/2013/01/05/syarat-lingkungan-kerja)
                Gebrakan ini yang coba di terapkan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Ngawi, Drs. H  Siswanto, MM ketika mengawali masa baktinya di Kabupaten Ngawi.  Penataan lingkungan di sekitar kantor menjadi prioritas, seperti dengan membuat taman di sekitar kantor, taman terbuka hijau dan ruang kantor yang nyaman. Selain itu, Sekda juga mengomandoi secara langsung renovasi gedung kantor yang rusak, penataan lingkungan di sekitar alun-alun dan berbagai fasilitias umum lainnya.
            Selain penataan lingkungan fisik, Sekda juga menghidupkan kembali apel pagi bagi seluruh pegawai. Dalam berbagai kesempatan, Sekretaris Daerah mengutarakan bahwa kegiatan apel pagi merupakan bentuk kedisiplinan yang harus tetap dipelihara, karena bisa menumbuhkan mental disiplin dan tepat waktu serta bisa menumbuhkan kebersamaan diantara pegawai. Kedisiplinan adalah modal utama yang harus dimiliki setiap PNS, dan itu harus tetap di jaga dengan berbagai cara salah satunya dengan melakukan apel pagi

No comments:

Post a Comment