Thursday, January 21, 2010

Wakil Bupati Serahkan Bantuan Modal Kelompok RT


Program pengembangan kebijakan dan Program peningkatan ekonomi lokal melalui bantuan modal usaha kelompok rukun tetangga adalah salah satu usaha dari Pemkab Ngawi untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat yang disalurkan melalui dinas Koperasi, Usaha Mikro Kecil Menengah dan Perindustrian Kab. Ngawi. Program ini secara spesifik bertujuan untuk membantu pengembangan dan peningkatan kegiatan usaha yang dimiliki dan dikelola masyarakat sehingga pada akhirnya terjadi penguatan permodalan serta peningkatan pendapatan. Sejak 2007 tercatat sebanyak 3.025 RT yang telah mendapatkan bantuan modal usaha kelompok rukun tetangga, dan masih menyisakan sekitar 2621 dari target 5646 RT yang ada di seluruh kabupaten Ngawi dengan besar bantuan Rp. 1.000.000 juta per RT. Rencana hingga akhir 2010 ini nantinya semua kelompok usaha tingkat RT bisa mendapatkan bantuan modal.
Hal ini terungkap pada acara Pemberian Dana Hibah Pengembangan Kebijakan dan Program Peningkatan Ekonomi Lokal melalui Bantuan Usaha Kelompok RT TA 2009 yang dilaksanakan di aula Kecamatan Ngawi (12/01/2010). Menurut Wakil Bupati, Ir. Budi Sulistyono yang menyerahkan secara simbolis bantuan permodalan ini,“kalau semua RT telah menerima bantuan modal hingga akhir tahun 2010, nantinya bantuan ini akan ditambah lagi sebesar 1 juta per kelompok dan akan diberikan secara bergantian mulai dari kelompok RT yang berprestasi”.
Namun ada satu hal yang membanggakan dari program bantuan permodalan untuk Kelompok RT ini, bahwa tingkat kepercayaan masyarakat terhadap program bantuan modal kelompok RT mencapai kurang lebih 70%. Suatu angka yang fantastis mengingat di daerah lain seperti gresik, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap bantuan permodalan yang berasal dari Pemerintah hanya berkisar pada 20 % saja. “Untuk itu program yang telah berjalan dengan baik ini akan terus dikembangkan sehingga nantinya masyarakat bisa menikmati hasil serta terjadi peningkatan pendapatan,” Tegas Baliau.
Selanjutnya dihadapan sekitar 186 peserta dari Kelompok Usaha RT dari wilayah Ngawi Timur dan Dinas serta Instansi terkait, beliau menyerahkan bantuan secara simbolis kepada perwakilan kelompok usaha RT dari dusun Besaran Desa Karangasri dan Gemarang Desa Watualang

No comments:

Post a Comment