Wednesday, April 28, 2010

ORINTASI WAWASAN KEBANGSAAN (WASBANG) KABUPATEN NGAWI



Selasa 27 april 2010 dilanakan acara Orientasi Wawasan Kebangsaan(wasbag) di lantai 2 ruang Bhina Praja Sekertariat Daerah Kabupaten Ngawi, pada kesempatan tersebut Kepala Badan KESBAG POLINMAS yang diwakili oleh Sekertaris Badan dalam sambutanya menyatakan bahwa Wawasan Nusantara penting di pahami oleh generasi muda pada umumnya karena merekalah nantinya yang akan menjadi pemimpin masa depan bangsa.
Acara tersebut dihadiri oleh para siswa SLTA( sekolah menengah atas) yang kurang lebih berjumblah 150 siswa, yang tediri dari SMK(karang jati, bringin, geneng, paron dan 2 kandangan) SMA (kasreman, PGRI, 2, MAN( ngawi, paron), pada kesempatan tersebut disampaikan dua materi yang diharapkan dapat di pahami dan dimengerti oleh para peserta, umumnya para remaja yaitu tentang penyadaran hukum terhadap kenakalan remaja dalam kaitanya dengan penyalah gunaan narkoba dan informasi transaksi elektronik.
Materi disampaikan oleh Dosen Universitas Merdeka (UNMER) Madiun Sarjiyanti SH. MH. Dalam kesempatan tersebut disampaikan macam-macam tentang bagaimana berbahayanya narkoba bagi masa depan generasi muda, sebab jika narkoba ini disalahgunakan penggunanya tentu akan merugikan semua fihak baik bagi sipengguna maupun masyarakat, Bangsa dan Negara. Selain itu materi yang disampaikan juga tentang undang-undang no 11 tahun 2008 tenteng Informasi dan Transaksi Elektronik, yang intinya bahwa transaksi elektronik merupakan perbuatan hukum yang dilakukan dengan menggunakan komputer, jejaring komputer dan atau media elekronik lainnya. Perbuatan transaksi elektronik yang menyebabkan kerugian bagi orang atau badan dapat dikenakan sanksi baik perdata maupun pidana, dan selain itu Teknologi informasi saat ini menjadi pedang bemata dua, karena selain memberikan kontribusi bagi peningkatan kesejahtraan, kemajuan dan peradaban manusia, sekaligus menjadi sarana efektif perbuatan melawan hukum.
Dan diakir pidatonya sekertaris badan menyampaikan dengan di adakanya acara seperti ini di harapkan para pelajar dapat mengerti betapa bahayanya menggunakan narkoba dan dapat memilih perbuatan yang berguna dan yang tidak berguna dalam menggunakan transaksi elektronik.(sugeng/huda)

No comments:

Post a Comment