Tuesday, April 20, 2010

PERINGATAN HARI ULANG TAHUN KE-48 SATUAN PERLINDUNGAN MASYARAKAT



Seluruh Karyawan/wati di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Ngawi telah mengikuti upacara memperingati Hari Ulang Tahun ke-48 Satuan Perlindungan Masyarakat. Upacara ini dilaksanakan secara khitmad di halaman Pendopo Wedya Graha Kabupaten Ngawi, Senin 19 April 2010.
Dalam kesempatan ini Bupati Ngawi dr. H. Harsono selaku Pembina Upacara, membacakan sambutan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, diantaranya mengucapkan Selamat Ulang Tahun yang ke-48 kepada jajaran anggota Sat Linmas, dengan harapan semoga dengan bertambahnya usia, bertambah pula tingkat kedewasaan dan kualitas serta kuantitasnya dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat yang serba dinamis sesuai dengan tuntutan kebutuhannya.
Pengertian hari ulang tahun Sat Linmas kali ini mengambil tema “Satuan Perlindungan Masyarakat Siap Mendukung Suksesnya Penyelenggara PILKADA Tahun 2010”. Tema ini sangat tepat dikaitkan dengan eksistensi Sat Linmas selama ini sebagai pengamanan langsung yang merupakan bagian dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), mengingat pada tahun 2010 akan dilaksanakan Pemilihan Kepala Daerah (PILKADA) di 244 daerah Provinsi Kabupaten dan Kota.
Dalam Pelaksanaannya Sat Linmas di tingkat Desa/Kelurahan, anggotanya terbentuk dari pengorganisasian masyarakat. Hal tersebut dimaksudkan untuk membangun masyarakat dalam bentuk kesadaran bela Negara yang bersifat kemanuasian, sebagaimana yang diamanatkan dalam UUD 1945 pasal 27 ayat (3), bahwa semua warga Negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara.
Penyelenggaraan perlindungan masyarakat merupakan urusan wajib yang menjadi kewenangan Pemerintah Daerah Provinsi Kabupaten dan Kota. Sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah khususnya dalam penjelasan pasal 13 dan 14 ayat (1), sehingga program perlindungan masyarakat perlu terus diberdayakan dan ditingkatkan perannya dalam kehidupan sehari-hari, terutama di dalam menunjang program Pemerintah dalam kegiatan sosial kemasyarakatan, penanggulangan bencana serta ikut memelihara ketentraman dan ketertiban umum baik dalam kegiatan sehari-hari maupun terlibat dalam Pengamanan Penyelenggaraan Pemilu baik Legislatif, Presiden/Wakil Presiden maupun Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota.
Dalam rangka menghadapi Pilkada 2010 yang akan diselenggarakan secara serentak di 244 Daerah Provinsi Kabupaten dan Kota yang meliputi pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota, Sat Linmas harus meningkatkan kesiapsiagaan di daerah, agar dapat tercipta situasi yang kondusif serta terwujudya rasa aman dan tenteram di masyarakat. Kementerian Dalam Negeri melalui Surat No.331.1/248/SJ tanggal 29 Januari 2010 tentang Peningkatkan Kesiapsiagaan dan Keterlibatan Sat Pol PP dan Sat Linmas dalam penyelenggaraan Pilkada 2010 memerintahkan kepada seluruh jajaran Sat Linmas untuk terlibat secara aktif sebagai Pengamanan Langsung (Pamsung) yang merupakan bagian dari kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dalam penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah 2010 dan diharapkan senantiasa menjalin komunikasi dan koordinasi dengan jajaran TNI dan Kepolisian. (edo)

No comments:

Post a Comment