Sunday, March 6, 2011

DPRD Kabupaten Bondowoso Belajar ke Kabupaten Ngawi

Guna memperoleh masukan akan keberhasilan Pemkab Ngawi di dalam mengembangkan Potensi Pertanian, Pariwisata, Perkebunan dan Pendidikan. Komisi II, III, IV DPRD Kabupaten Bondowoso, Senin (28/02), melakukan studi banding ke Kabupaten Ngawi.

Rombongan yang dipimpin oleh H. Irwan Bahtiar Rachmat, SE, MSi ini diterima oleh Bupati Ngawi Ir. Budi Sulistyono, di Pendopo Wedya Graha Kabupaten Ngawi bersama Ketua dan Anggota DPRD serta instansi terkait di Pemkab Ngawi.

Ketua Rombongan DPRD Kabupaten Bondowoso H. Irwan Bahtiar Rachmat, SE, MSi, mengatakan bahwa tujuan datang di Kabupaten Ngawi untuk melakukan studi banding adalah guna mendapatkan masukan-masukan serta mengetahui sejauh mana tindakan yang dilakukan pemerintah dan DPRD Kabupaten Ngawi dalam mengembangkan potensi sektor pertanian, pariwisata, perkebunan dan pendidikan. “Kami telah siapkan beberapa quisioner tentang pertanian, pariwisata, perkebunan dan pendidikan, mohon dijawab sebagai bahan perbandingan dan pengembangan di daerah kami,” ujar H. Irwan Bahtiar Rachmat, SE, MSi.

Bupati Ngawi Ir. Budi Sulistyono, dalam acara penerimaan studi banding tersebut mengatakan Kabupaten Ngawi memiliki jumblah penduduk ±900.000 penduduk. Yang terbagi menjadi dua wilayah yaitu dataran rendah dan pegunungan dengan rincian hampir 40% wilayah kabupaten Ngawi adalah wilayah hutan.

Perlu diketahui Visi Kabupaten Ngawi adalah Mewujudkan Ngawi Sejahtera Dan Berakhlak Dengan Berbasis Pembangunan. “Jadi pembangunan pedesaan benar-benar kita tonjolkan mulai infrastruktur, ekonomi kerakyatan, pertanian dan pariwisata yang kita targetkan menjadi aikon Kabupaten Ngawi di 2014”, ujar orang nomor satu di Kabupaten Ngawi.

Strategi pembangunan Kabupaten Ngawi kedepan, Bupati Ngawi Ir. Budi Sulistyono hanya mengajak semua satker untuk bermimpi tentang Ngawi kedepan, apa yang ingin dicapai dalam mimpi tersebut, maka dari mimpi2 itulah pada setiap satker untuk membangun Kabupaten Ngawi ini. Selain itu launching gemar makan ikan untuk masyarakat Ngawi, penanggulangan kemiskinan dengan KTP,KK dan Akte gratis dan Beasiswa kepada yang berprestasi dan yang kurang mampu.

Dan harapan saya Kegiatan Study Banding Komisi II, III, IV DPRD Kabupaten Bondowoso ke Kabupaten Ngawi diharapkan dapat sangat berpengaruh besar terhadap pembangunan pada masing-masing daerah (featback), karena selain bisa menjadi pertimbangan didalam pembangunan daerah juga bisa dapat saling menginformasikan dan mengomunikasikan apa-apa saja strategi pembangunan daerah yang bisa diterapkan pada masing-masing daerah sesuai dengan kebutuhan dan tata letak struktur geologisnya sehingga dapat menunjang PAD dari daerah tersebut serta diharapkan dapat memacu pembangunan dan peningkatan taraf hidup masyarakat.(P'truk/Hd)

No comments:

Post a Comment

Post a Comment