Sunday, April 4, 2010

PENGUKUHAN PENGURUS YAYASAN GERONTOLOGI ABIYOSO KABUPATEN NGAWI PERIODE 2010-2015



Walaupun usia terhitung tua, namun tidak berhenti berkarya dan berusaha, inilah yang terpancar dari para lansia dalam acara Pengukuhan Pengurus Yayasan Gerontologi Abiyoso Kabupaten Ngawi Periode 2010-2015 Kabupaten Ngawi, Kamis, 1 April 2010 bertempat di Pendopo Wedya Graha diadakan acara. Dalam acara tersebut Bupati Ngawi, dr. H. Harsono mengukuhkan Pengurus Yayasan Gerontologi Abiyoso perode 2010-2015, dalam pengukuhannya bupati mengharapkan para pengurus dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dan beranggung jawab. Dalam kepengurusan periode 2010-2015 diketuai oleh H. Soewandono, BA.
Yayasan Gerontologi Abiyoso merupakan yayasan yang bergerak dalam bidang kemasyarakatan non pemerintah yang khususnya menangani kegiatan warga lanjut usia. Dalam sambutannya, Suharno Ilham Ketua YGA kabupaten Ngawi Periode 2005-210, mengatakan Yayasan Gerontologi Abiyoso (YGA) mengalami pasang surut, pada tahun 2001 pernah meraih juara I Senam Lansia se-eks Karisedenan Madiun, yayasan juga bekerja sama dengan beberapa dinas seperti dinas sosial, dinas kesehatan, serta PKK tetapi belum terkoordinasi dengan baik, dinas kesehatan memberikan kegiatan senam lansia dan makanan tambahan bagi lansia. Suharno Ilham juga mengharapkan adanya fasilitas Gereatri yaitu fasilitas khusus bagi lansia tersedia di Rumah Sakit Umum dr. Suroto dengan pelayanan yang profesional serta diharapkan dibentuknya Komisi Lanjut Usia.
Hadir dalam acara yang diselenggarakan oleh Pengurus yayasan Gerontologi Abiyoso kabupaten Ngawi ini adalah ketua DPRD Kabupaten Ngawi, dalam sambutannya ketua DPRD mengharapkan pengurus yag telah dikukuhkan dapat bekerja dengan sebaik-baiknya dan membawa perubahan organisasi yang lebih baik. Selain ketua DPRD pemberi sambutan adalah Pimpinan Yayasan Gerontologi Propinsi Jawa Timur, dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa yayasan Gerontologi Abiyoso merupakan yayasan kemasyarakatan non pemerintah yang lahir sejak tahun 1993 dan jumlah warga lansia di Indonesia mencapai jumlah kurang lebih 19 juta orang dan hampir mencapai 20% jumlah penduduk. Selain itu beliau juga mengatakan bahwa Jawa Timur adalah satu-satunya propinsi yang memiliki Peraturan Daerah tentang Kesejahteraan Lansia, yaitu Perda No. 5 tahun 2007.
Akhir dari kegiatan ini adalah sambutan dan pengarah oleh Bupati Ngawi, dr. H. Harsono. Bupati mengharapkan program kerja organisasi Gerontologi tidak perlu muluk-muluk, tetapi lebih diarahkan bagaimana membuat kegiatan bagi warga lansia. Yang kedua bupati mengharapkan warga lansia yang tergabung dalam organisasi ini menjadi pengamat dan kritikus dalam kegiatan pemerintah sehingga pemerintahan dapat berjalan dengan baik. Selain itu Bupati juga mengharapkan pembangunan fasilitas Gereatri dan Poli Lansia di RSU dr. Suroto dapat terwujud. (Huda dan Wawan)

No comments:

Post a Comment