Thursday, November 4, 2010

GELIAT WISANGGENI, SENYUM PETANI


Wisanggeni memang sakti, salah satu tokoh pewayangan yang termasuk dalam golongan wayang sakti ini memang memiliki keunggulan yang tak dimiliki wayang lainnya. Hal ini juga dimiliki wisanggeni lainya. Dan Wisanggeni yang satu ini kemarin Rabu, (27/10/2010) beraksi di Desa Kasreman, Kecamatan Kasreman dalam acara Panen Raya Padi 2010. Namun Kali ini bukan tokoh pewayangan yang beraksi namun varietas padi yang bernama Wisanggeni.
Menurut Sekretaris Daerah Propinsi Jawa Timur, H. Rasiyo, yang kemarin tampak hadir dalam acara panen raya, “kesaktian wisanggeni yang satu ini tak perlu diragukan lagi. Tak heran bila Pemprov Jatim menjadikan wisanggeni sebagai Varietas Unggulan Jatim 1 untuk ke depan. Sebagai Varietas unggulan, wisanggeni memiliki masa tanam 85 hari. Selain itu Mantan Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur juga melontarkan pujian kepada upaya Pemerintah Kabupaten Ngawi dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi dalam bidang pertanian telah sangatlah tepat ini terbukti dengan melakukan penelitian dan memiliki beberapa varietas unggul dalam Festival Panen Raya Padi. “jenis varietas wisanggeni merupakan varietas unggul dalam festival kali ini” ungkapnya.
Menurutnya jenis varietas wisanggeni yang umurnya 85 hari diharapkan bisa dipatenkan oleh Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian RI sehingga jenis varietas wisanggeni dapat dijadikan progam unggulan JATIM 1 untuk ke depan.
Pada kesempatan itu pula Rasiyo menyampaikan bahwa pemerintah provinsi jawa timur berupaya mengkomunikasikan laporan BMG prakiraan cuaca-cuaca akhir ini yang sering berubah – ubah dan tidak menentu agar petani bisa mengantisipasi penanaman benih padi pada musim penghujan.
Sementara Dirjen Tanaman Pangan Kementerian Pertanian RI yang turut hadir dalam acara tersebut dalam sambutannya berpesan kepada petani agar pada musim penghujan yang terus berjalan sampai pada bulan April 2011 diharapkan segera menanam benih padinya.
Pada kesempatan tersebut, Dirjen Tanaman Pangan Kementerian RI, Sekda Prov. Jawa Timur dan Bupati Ngawi berkenan menyerahkan bantuan kepada Kelompok petani Desa Kasreman Kecamatan Kasreman Kabupaten Ngawi.(p'truk)

No comments:

Post a Comment